Di bulan November 2022, trio pop electronic asal Bandung, HMGNC, akan merayakan 20 tahun kiprahnya di industri musik tanah air.

Mengawalinya sebagai Homogenic, melewati tiga generasi pendengar bersama empat album penuh, dan satu album mini, HMGNC terus melaju merespon jaman, menjelajahi berbagai kemungkinan baru dalam bermusik.

Sejak perilisan album HMGNC di tahun 2017, mereka hibernasi dari perilisan album penuh. Bahkan sebelumnya, selama dua tahun, mereka hiatus sepenuhnya. Namun itu tak menghalangi Amandia Syachridar (vokal), Dina Dellyana (synth, programming), dan Grahadea Kusuf (synth, programming) dalam berkarya.

“Homogenic tetaplah HMGNC. Dalam dua puluh tahun eksistensinya, masih ada dan setia. Tahun ini, apa yang dinanti dan dimimpikan akan segera tiba,” ujar Dina Dellyana mengisyaratkan.

Sebagai bagian dari perayaan 20 tahun keberadaan mereka, HMGNC, bersama label rekaman demajors, merilis sebuah singel baru berjudul “Stay”. Trek tersebut menampilkan kematangan komposisi dan pengolahan bunyi yang mencerminkan pengalaman panjang HMGNC. “Stay” hadir di berbagai platform streaming digital mulai 25 November 2022.

“Lagu ini tentang merasa cukup akan kehadiran seseorang yang mengisi hari dan hati. Cukup untuk mereka tetap di sini. So, all I need is for you to ‘Stay’,” jelas Dina.

“Ketika kamu merasa cukup, kamu tidak ingin yang lain lagi untuk di sisi kamu. Ketika kamu merasa cukup, hari dan waktu tidak pernah terasa berlalu. Ketika kamu merasa cukup, tidak ada sakit dan sendu yang berlarut,” tambahnya lagi.

Bersama demajors dan kolektif QUN Films, HMGNC juga akan mencetak singel tersebut, bersama lagu baru lain berjudul “Heart to Feel”, dalam bentuk piringan hitam 7 inci.

“Akan ada perilisan paket piringan hitam sebagai bagian utama perayaan. Isinya satu buah plat long play kompilasi ‘best of‘, dan satu piringan singel. Tunggu saja tanggal mainnya, sepertinya bakal dibuka pre-order-nya dalam waktu dekat,” jelas Grahadea.

Piringan kompilasi akan menampilkan sepuluh lagu hasil voting yang dilakukan beberapa waktu lalu via akun media sosial HMGNC. Perayaan 20 tahun ini rencananya juga akan digelar dalam bentuk konser.

“Kami telah bersama-sama selama belasan tahun. Musik yang sekarang dimainkan merupakan perjalanan panjang yang telah melewati banyak tahapan. Eksplorasi kami tidak pernah berhenti,” pungkas Dina.

Leave a Comment