City

Program

Presiden Joko Widodo akan melarang penjualan rokok batangan mulai 2023. Wacana pelarangan itu tertuang dalam peraturan pemerintah yang akan disusun pada 2023. Alasan dibalik pelarangan penjualan rokok batangan tak lain untuk menjaga kesehatan masyarakat Indonesia.

Jokowi juga mengatakan bahwa dibeberapa negara sudah dilarang penjualan rokok sepenuhnya. Beruntung Indonesia hanya membatasi penjualan rokok secara ketengan.

“Dibeberapa negara justru sudah dilarang (jual rokok). Kita kan masih (boleh jual rokok), tapi untuk yang batangan, tidak,” Tegas Jokowi di Pasar Pujasera, Subang, Jawa Barat, Selasa (27/12/2022).

Rencana itu diketahui dari Salinan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023 yang diteken Presiden Jokowi pada 23 Desember 2022. Kepres ini menekankan Rancangan Peraturan Pemerintah mengenai Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengaman Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.

Terdapat tujuh poin yang menjadi pokok dari materi muatan, salah satunya adalah pelarangan penjualan rokok batangan dan ketentuan elektronik. Bahkan tak cuma itu, ada juga pengawasan iklan, promosi, sponsorship produk tembakau di media penyiaran, media dalam dan luar ruang, dan media teknologi informasi.

Waduhh gimana nih ozzers? Keberatan kah dengan kebijakan ini? Coba yuk komen di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *