City

Program

Timnas Indonesia lagi-lagi harus mengubur mimpi menjadi kampiun Piala AFF 2022 setelah takluk oleh Vietnam pada pertandingan semifinal leg ke-2 Piala AFF 2022 dengan keunggulan sang tuan rumah 2-0. Berlangsung di Stadion My Dinh, Vietnam, Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB, gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Tien Lihn (3’ dan 47’).

Sejak awal laga, kedua pelatih nampak ingin bermain relatif aman dengan menurunkan lima pemain bertahan sekaligus. Hanya saja, anak asuh Park Hang-seo cukup beruntung. Upaya mereka untuk mengalirkan umpan panjang dari lini tengah berhasil dimanfaatkan oleh Nguyen Tien dan mampu menggetarkan jala gawang Nadeo, 1-0 untuk keunggulan Vietnam.

Setelah tertinggal, Indonesia tetap berusaha untuk tidak terpengaruh dengan gol cepat Vietnam. Tapi apa daya, serangkaian percobaan penyerangan yang selalu dibangun anak asuh Shin Tae-yong selalu digagalkan oleh lini belakang Vietnam. Peluang sempat tercipta pada menit ke-24 melalui permainan dari kaki ke kaki hingga menembus pertahanan Vietnam. Dendy yang sedang memegang bola saat itu disikut oleh pemain Vietnam, tapi wasit menanggapnya bukan pelanggaran. Hingga penhujung babak pertama skor masih belum berubah untuk keunggulan Vietnam 1-0.

Pada babak kedua, Indonesia belum melakukan satu pun pergantian permain, meskipun Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdhani bermain tidak seperti biasanya. Malah lagi-lagi mimpi buruk menghampiri Indonesia. Berawal dari sepakan pojok, The Golden Stars kembali berhasil menggandakan keunggulan melalui sundulan terarah Nguyen Tien pada menit ke-47.

Tertinggal dua gol, Shin Tae-yong mencoba mengubah gaya permainan menjadi lebih menyerang dengan memasukan dua pemain yang memiliki naluri haus gol, Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya yang menggantikan Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdhani. Mendapati timnya masih kesulitan mencetak gol, Spasojevic dan Muhammad Rafli pun dimasukan untuk memperkuat lini depan. Meski begitu hingga akhir laga, skor tetap tidak berubah 2-0 untuk keunggulan Vietnam. Dengan hasil ini, Langkah Indonesia di Piala AFF 2022 harus terhenti di babak semifinal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *