City

Program

Ketua umum PSSI, Mochammad Iriawan atau yang lebih dikenal Iwan Bule mengusulkan 1 Oktober sebagai hari libur untuk seluruh aktivitas sepak bola nasional, baik kompetisi atau turnamen. Hal ini guna menghormati korban tragedi kanjuhan yang memakan 135 korban jiwa 1 Oktober 2022 silam.

“Sebagai respons dan keseriusan PSSI menanggapi tragedi kanjuruhan untuk mengajak semua pihak agar setiap tanggal 1 Oktober menjadi hari libur sepak bola Indonesia,” ucap Iwan Bule dalam pidatonya di Konges Biasa PSSI 2023 di Jakarta.

Bagi purnawirawan polisi itu, tragedi kanjuruhan meninggalkan luka mendalam bagi dirinya secara pribadi. Karena itu ia berharap, perihal usulan tanggal 1 Oktober sebagai hari libur sepak bola mendapat persetujuan dari para pemilik suara yang menghadiri kongres.

“Saya sangat terpukul dan berduka atas kejadian yang menewaskan ratusan saudara kita. Kita sepakat ke depan tidak ada lagi kejadian yang memakan korban jiwa. Kita jadikan sepak bola sebagai olahraga pemersatu dan menyenangkan, bukan yang menakutkan dan menyeramkan,”

“Mudah-mudahan semua yang hadir pada kesempatan ini menerima dan sepakat pada usulan kami dari PSSI. Usalan ini adalah cara mengenang tragedi Kanjuruhan.” Tambahnya, mengutip dari Tempo.co.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *