City

Program

Dongker, sebuah grup musik yang membawakan lagu dengan genre 70s Punk Rock yang berasal dari BandungJawa Barat. Tepatnya mereka dipertemukan disebuah lingkungan kampus yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB)  yang mana sebelumnya semua personil Dongker merupakan mahasiswa kampus ITB. Nama Dongker semakin dikenal khalayak setelah merilis single mereka yang berjudul Bertaruh Pada Api.

Dongker terbentuk pada tahun 2019, Dongker terdiri dari empat orang, yaitu Arno (gitar & vokal), Delpi (gitar & vokal), Bilal (bass), dan Dzikrie (drum). Mereka memainkan genre musik punk dengan tempo cepat yang memiliki khas three chordsnya. Dongker memiliki karakteristik suara gitar yang kasar, dikenal akan pertunjukan live yang menyenangkan, dan mampu menghidupkan panggung dengan penampilan yang penuh energi[1].

Pada tahun 2019 Dongker merilis Demo mereka berjudul Demo 2019” berisikan 5 nomor dengan durasi yang singkat yang dirilis secara mandiri. Tidak berlama-lama masih di tahun yang sama Dongker merilis EP mereka yang bertajuk Upaya Memaki yang diisi dengan 5 nomor lagu, EP ini dirilis oleh Greedy Dust Records juga Necros Records dengan betuk rilisan digital, dan fisik berbentuk cassette.

Tahun selanjutnya tepatnya pada tahun 2020 Dongker kembali merilis EP yang bertajuk “Menghibur Domba di Atas Puing  masih khas dengan rilisan sebelumnya dimainkan dengan tempo yang cepat dan berisikan 5 nomor lagu. EP ini dirilis secara digital, dan fisik dalam bentuk cassette yang dirilis oleh Greedy Dust Records, dan Maldoror Manifesto

Satu tahun melewati pandemi pada tahun 2022 Dongker merilis single mereka berjudul Bertaruh Pada Api” merupakan single teratas Dongker hingga menembus angka pendengar dengan jumlah 1,378,895 per 29/03/2023 di Spotify. Single “Bertaruh Pada Api’ dirilis oleh Greedy Dust Records secara digital. Pada tahun 2022 Dongker merilis single lain yang dirilis pada tanggal 13 Desember 2022 berjudul “Sepenggal Sadar

Tahun 2023 sejauh ini Dongker telah merilis single ketiga berjudul “Tuhan di Reruntuh Kota” dirilis oleh Greedy Dust Records  Rilisan single tersebut akan dibuatkan sebuah showcase yang digelar di De Majestic Braga, Bandung pada tanggal 5 Maret 2023. Namun akhirnya tidak jadi digelar dikarenakan ramainya perbincangan terhadap salah satu personil yaitu Delpi yang tercatat sebagai Ketua Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) di cabang Kota Blitar, namun kemudian mengundurkan diri setelah hal tersebut menjadi kontroversial dan diberitakan kepada publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *