City

Program

Setelah merilis single “Ragu” pada bulan Mei lalu, akhirnya Tyok Satrio kembali dengan sebuah album berjudul “SATRIO”. Ini merupakan album kedua Tyok Satrio setelah sebelumnya ia telah merilis album “Ada Untukmu” pada 2022. Nama album ini sendiri dipilih Tyok Satrio karena album tersebut memiliki kesamaan dengan dirinya yaitu sama-sama merupakan anak kedua. Sehinga Tyok Satrio menganggap album “SATRIO” ini sebagai gambaran dari dirinya.

Rilis pada 6 Oktober 2023 di seluruh digital music platform, album “SATRIO” ini memiliki banyak perbedaan yang jelas dibandingkan album sebelumnya. Jika pada album sebelumnya Tyok Satrio banyak melibatkan porsi composer Seto Brahmana, pada album keduanya ini Tyok memiliki peran yang besar dalam penulisan lagu-lagu. Dengan menceritakan sebagian kisah-kisahnya melalui nada dan lirik, Tyok Satrio ingin menunjukkan setiap proses perubahan yang terjadi dalam hidupnya hingga akhirnya ia bisa bersikap lebih dewasa dari sebelumnya.

Album “SATRIO” ini sendiri terdiri dari 9 track yang belum pernah dirilis Tyok Satrio sebelumnya. Judul-judul dalam album ini di antaranya yaitu “Hilang Tanpa Kabar”, “Aku Takut”, “Memilih Pergi”, “Lelaki Biasa”, “Lelah”, “Teman Masa Kecil”, “Kucinta Kau”, “Kesempatan Kedua”, dan “Lebih Dewasa”.

Jika biasanya lagu-lagu Tyok Satrio identik dengan genre Pop Ballads, Tyok Satrio kini menantang dirinya untuk keluar dari zona nyamannya dengan memberikan sentuhan musik band tahun 2000-an pada album “SATRIO” ini. Gaya ini Tyok Satrio pilih karena menurutnya era tersebut sangat berarti bagi dirinya karena naluri bermusiknya mulai tumbuh pada saat itu.

Dalam album “SATRIO” ini Tyok Satrio ingin menyampaikan bahwa setiap orang termasuk dirinya akan didewasakan oleh keadaan.

Di album keduaku ini aku ingin menyampaikan kalau sebenarnya setiap orang, termasuk aku sendiri pun bisa didewasakan oleh keadaan. Entah karena patah hati, kesalahan, perasaan, sikap, dan kejadian lainnya yang mana akan menjadi sebuah makna untuk kita dapat terus melangkah dan menjadi lebih dewasa.” Ungkap Tyok Satrio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *